7 Hal Yang Wajib Sobat Ketahui Sebelum Berkunjung ke Gunung Parang Purwakarta Jawa Barat

WISATACOI.COM -- Gunung Parang Purwakarta -- Bagi anda yang suka dengan kegiatan mendaki gunung dengan tipe eksrim, maka datanglah ke Gunung Parang. Di sana anda akan menemukan kegiatan yang paling anda sukai. Letak gunung ini berada di Desa Suka Mulya, Kecamatan Tegalwaru, Jawa Barat. Gunung ini memiliki 3 tingkat, yang masing-masing di beri nama tower 1, tower 2, dan tower 3, di mana setiap tingkat memiliki karasteristik yang berbeda -beda. Di sinilah anda bisa merasakan sensasi climbing hingga membentang hommock, yang menyeberang antar puncak dengan seutas tali. Yang kerenya lagi guys, pada ketinggian 500 meter terdapat hotel gantung yang berukuran 2.5�6 meter dengan fasilitas dan keamanan yang terjamin. Hotel ini merupakan hotel gantung ke dua di dunia,  dan sekaligus menjadi yang paling tertinggi. Bagi anda yang ingin merasakan tidur di atas ketinggian bisa menyewa hotel ini. Biaya penginapan di hotel ini sekitar Rp. 4 juta per malam, dan ada bisa chack in mulai pukul 12.00 dan chack out pukul 14.00 soreh. Adapun wisatawan yang pernah menginap di hotel ini yakni berasal dari kota Jakarta Pusat dan Kota Bekasi. Hotel ini mulai beroprasi tanggal 28 januari 2017 sampai sekarang.

keren gunung parang dengan hotel gantungnya. sumber:@istagram.com

Gunung Parang memiliki tinggi sekitar 930 meter dari permukaan air laut, dan ini merupakan salah satu tempat wisata petualangan yang paling menegangkan, sehinggap di julukin sebagai tempat wisata pendakian tertinggi ke 2 di ASIA dengan jalur pendakian hinggap mencapai ketinggian 700 meter. Tempat ini sangat populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, karena rutenya pendakiannya yang sangat menantang. Walaupun demikian, semua rasa takut akan terbayarkan setelah anda sampai ke puncak gunung ini. Dari atas puncak ini anda bisa menikmati pemandangan waduk jatiluhur, pemukiman warga dan gunung-gunung bebatuan andesit yang sangat indah. Sunggu menari-kan guys, gimana, tertarik untuk menjelajah kesini? Jika ia, Berikut 7 Hal Yang Wajib Sobat Ketahui Sebelum Berkunjung ke Gunung Parang Purwakarta Jawa Barat diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Harga Tiket Terbaru Gunung Parang

Jika anda ingin masuk ke kawasan Gunung Parang, anda tidak akan di kenakan tarif, alias gratis. Namun, jika anda ingin mencoba memanjat dan menggunakan fasilitas-fasilitas di jalur pendakian, maka anda akan di kenakan tarif yang berbeda-beda mulai dari harga Rp.150.000 sampai dengan harga 750.000, tergantung dengan fasilitas yang anda gunakan. Setiap pendaki akan di bekali dengan fasilitas seperti helm pelindung, seat harness, dan tali. Waktu mendaki di gunung parang juga di batasi, yakni 2 jam untuk satu kali manjat. Hal ini di lakukan karena saking banyaknya wisatwan yang ingin mencoba memanjat. 

2. Rute Menuju Ke Gunung Parang Purwakarta

Berikut saya akan membahas rute menuju ke gunung parang dari kota Purwakarta dan Jakarta.

Ketika anda berada di kota Purwakarta dan ingin menuju ke Gunung Parang Purwakarta, anda harus terlebih dahulu melewati Gerbang Tol Jatiluhur, kemudian menuju ke Jalur Arteri Selatani, kemudian ke Kawasan Cilalawi, kemudian mengarah ke Desa Tajur Sindang, yang mana di desa ini anda akan menemukan petunjuk  menuju ke Gunung parang.

Selanjutnya, bagi anda berada di kota Jakarta, yang tepatnya di Monas, maka ambil rute menuju ke arah Bekasi, Karawang Barat Telukjambe, Cikampak, Bedang, Purwakarta. Setelah di Purwakarta anda bisa mengikuti rute di atas.

Jika anda masih kebingungan dengan rute di atas, maka sebaiknya gunakanlah google maps untuk mempermuda anda mendapatkan lokasi dan arah menuju ke Gunung Parang.

3. Hotel Gantung Gunung Parang

hotel gantung gunung parang. sumber:@istagram (photo by: Ninuq)

Seperti yang saya jelaskan di atas tadi, bahwa Gunung Purwakarta memiliki hotel gantung dengan model bulan memanjang, seperti gambar di atas. Hotel ini berada di atas ketinggian sekitar 500 meter. Jadi jika anda ingin menginap di atas hotel tersebut, anda hanya membayar sekitar 4 juta saja  per malam. Dengan harga sebesar itu, anda dapat menikmati segala fasilitas yang ada di hotel, seperti TV, AC,  toilet, pemanas listrik, air galon, wastafel, pemanas makanan, lampu, selimut, dan 4 buat kasur, serta mendapat 3 kali hidangan makanan dalam satu hari.

4. Menjelajah Hutan Gunung Parang Yang Masih Asri

pemandangan hutan dan perkampungan dari gunung parang. sumber:@istagram( photo by: Sarahditaariani)

Nah ini dia guys, jika anda takut dengan kegiatan mendaki, anda masih bisa melakukan aktivitas yang satu ini yakni menjelajah hutang gunung parang. Anda akan di temani sang pemandu perjalanan yang sudah berpengalaman di hutang gunung parang, mengenai rute yang akan anda lalui untuk sampai ke Puncak Gunung Parang tanpa harus memanjat. Tapi untuk mencapai puncak ini tidaklah semudah yang kita bayangkan. Anda akan melewati bebatuan, semak belukar, dan kebun milik warga. Jadi persiapkan-lah fisik anda untuk melakukan penjelajahan ini. 

5. Berkemah Di Puncak Gunung Parang

Nah sesampai di puncak gunung parang anda akan di tawarkan tempat berkemah. Terdapat tiga tempat berkemah di tebing parang, dan masing-masing tempat tersebut memiliki kelebihan tersendiri. jadi anda bebas memilih yang mana yang anda inginkan.

6. Jelajah Kampung Dan Mengenal Budaya Masyarakat Setempat

Di bawah Tebing Gunung Parang anda akan menemukan perkampung yang berada yang masih terikat akan budaya. Ketika anda mencoba menjelajah lebih jauh ke kampung-kampung ini, maka anda akan menemukan aneka macam budaya yang anda di kampung ini, mulai dari cara mengelolah sawah, memainkan egrang, tutunggulan( musik dari lesung padi), menanam padi, dan masih banyak lagi yang dapat anda temukan.

7. Rerstoran Gunung Parang

Bagi anda yang hobbynya makan,  di sekitar gunung parang juga di sediakan restoran dengan beraneka macam masakan, mulai dari masakan khas masyarakat yang tinggal di sana, sampai dengan masakan terkenal. jadi anda tidak perlu takut lagi akan kelaparan.

Nah, Inilah 7 Hal Yang Wajib Sobat Ketahui Sebelum Berkunjung ke Gunung Parang Purwakarta Jawa Barat, semoga artikel ini bermamfaat! dan selamat berkunjung.

LETAK: Gunung Parang, Sukamulya, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jakarta Barat.


Belum ada Komentar untuk "7 Hal Yang Wajib Sobat Ketahui Sebelum Berkunjung ke Gunung Parang Purwakarta Jawa Barat"

Posting Komentar

masukan anda sangat berharga bagi saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel